Mengenal Batik Ecoprint (Ternyata Sudah Ada Sejak Masa Benjamin Franklin)

Motif batik ecoprint sekarang sedang trend. Hal ini tak luput dari faktor-faktor tertentu. Orisinalitas dan keunikan adalah salah satunya. Dengan pola-pola motif yang abstrak dan alami makin membuat batik ecoprint menjadi primadona.

Pengertian Batik Ecoprint

Apa sih batik ecoprint? Buat kalian yang belum tahu. Batik ecoprint adalah jenis pembuatan kain batik dengan cara manual dan lebih ke back to nature.

Dibilang back to nature karena memang prosesnya menggunakan bahan-bahan alami. Tidak seperti batik pada umumnya. Batik ecoprint dibuat dengan menggunakan pola-pola daun asli yang dipress diatas sebuah kain. Dengan teknik cap tertentu salah satunya adalah perebusan maka akan terbentuk kain- kain batik dengan motif-motif dedaunan yang apik dan eksotik.

batik ecoprint

Uniknya semua proses pembuatan menggunakan cara manual. Istilahnya hand made prodcution. Tidak ada keterlibatan mesin disini apalagi robot. Semua handmade. So dari sisi eksklusifitas terjamin. Satu motif batik diproduksi satu kali dan tidak ada motif yang sama lagi setelahnya.

Kebayangkan pakai baju batik handmade dengan motif orisinil dan eksklusif? One and only in the world! Mahal ini guys! Sesuatu yang tidak ada duanya di dunia pasti selalu mahal harganya.

Jangan dikira seperti kain batik lainnya yang sejuta umat itu. Motifnya keren sih tapi yang makai bisa ratusan bahkan ribuan orang. Beda lagi kalau memang buat seragam lho yah. Lebih ngga enak lagi kalau kita pakai baju batik yang motifnya sama dengan motif seprei hehe

Coba lihat harga batik-batik produksi Danarhadi, batik Keris dan lain-lainnya itu. Mahal cin! Bisa setara satu bulan gaji guru swasta yang belum sertifikasi! Hihihi

Kenapa batik-batik bermerek itu mahal? Salah satu sebab mahalnya- selain karena memang sudah dapat brand– karena batiknya diproduksi dengan batik tulis. Bukan batik cap yang sering dijual di pasar-pasar. Batik cap bisa diproduksi secara massal dan lebih mudah proses produksinya. Sementara kalau batik tulis harus dikerjakan satu-satu pakai canting, kemudian baru diwarnai. Belum lagi dihitung waktu pengerjaan yang bisa memakan waktu lama.

Kira-kira seperti itulah eksklusifitas yang bisa kalian dapat dengan menggunakan batik ecoprint. Bedanya tidak ada mereknya. Tapi sisi eksklusifitas dan keorisinalitasannya menjadi sisi lebih batik ini.

Latar Belakang Ecoprint

Sejarah batik ecoprinting masih belum terlalu jelas. Siapa yang mengawali atau pioneer batik printing ini tapi kalau dirunut dari istilahnya agaknya ada sangkut pautnya dengan salah seorang negarawan Amerika Benjamin Franklin. Maksudnya gimana kak? Benjamin Franklin yang mencetuskan ide membatik dengan ecoprinting? Bukan…bukan seni batik printingnya, tapi tehnik ecoprintingnya.

Jadi kalau dari Wikipedia disebutkan bahwa tehnik ecoprinting ini ditemukan oleh Benjamin Franklin. Walaupun dari sumber yang sama bukan Benjaminnya yang menemukan tapi temannya yang bernama Joseph Breintnall yang menemukan  tehnik ini. Mana yang benar tidak ada yang tahu. Secara sanad atau riwayatnya belum teruji sahih atau tidaknya kalau dalam ilmu hadist.

ecoprinting ala benjamin franklin
ecoprinting Benjamin Franklin

Wow berarti tehnik membatik yang ramah lingkungan ini sudah lama sekali ya? Ya tehnik ecoprintingnya. Kalau tehnik membatiknya belum terlalu lama sepertinya. Masih kalah jauh dibanding usia batik tulis yang sudah terkenal lebih dulu.

Media yang sering dipakai untuk cap batik ecoprinting adalah dedaunan segar. Contohnya adalah daun jati. Walaupun daun-daun jenis lainnya juga bisa dipakai untuk ecoprinting.

Harga Batik Ecoprinting

Bicara mengenai harga memang variasinya sangat banyak. Yang pasti di pasaran sesuatu yang orisinil dan eksklusif seperti ini tidaklah murah. di pasaran sejauh ini harga kain batik ecoprinting dibandrol dengan harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

Tergantung tingkat keunikan, kesulitan, brand dibelakangnya dan pasar konsumennya. Untuk produknya juga cukup beraneka ragam. Mulai dari kain batik, sampai produk turunannya seperti tas, dompet, baju, mukena, sarung, dan sebagainya.

Proses Pembuatan Batik Ecoprint

Proses pembuatannya cukup sederhana tapi memakan waktu. Sudah banyak tutorialnya di internet. Secara umum adalah diawali dengan pemilihan bahan kain. Kain serat alami lebih bagus untuk dipakai karena bisa menyerap warna dengan baik. Seperti katun, linen dan lainnya yang terbuat dari serat alam.

Kemudian proses perendaman dengan air tawas selama kurang lebih 3 hari. Setelah itu diteruskan dengan proses pencetakan motif daun di kain. Ada 2 metode yang sering dipakai disini. Yaitu metode tumbuk atau daun dicetak dengan dipukul-pukul. Atau metode perebusan yaitu motif daun dicetak pada kain dengan cara direbus.

proses-pembuatan-batik-ecoprint-yogyakarta-orisinil

Contoh Gambar Batik Menggunakan Teknik Ecoprint

Berikut adalah beberapa contoh gambar kain batik ecoprint hasil industri rumah tangga. Dibuat oleh pengrajin batik ecoprint dari Yogyakarta.  

batik ecoprint asli handmade.
batik-ecoprint-asli-pengrajin-yogyakarta

Model-Model Baju Batik Ecoprint (Keren Bos!)

Kain batik ecoprinting sendiri seperti tadi sudah disinggung bisa dikreasi menjadi berbagai hasil seni. Salah satunya baju batik. Baju disini meliputi beberapa varian seperti gamis, kaos, kemeja, tunik, hem, rompi dan sebagainya.

Berikut beberapa contohnya :

model baju batik ecoprint
model baju ecoprint 1

Keunggulan Batik Ecoprint

Selain keindahan seni dan orisinalitasnya, batik ecoprint jadi popular karena sejalan dengan semangar go green atau kembali ke alam. Proses pembuatan yang murni alami tidak melibatkan bahan kimia yang berpotensi merusak alam membuat teknik batik ecoprint mendapat tempat di hati konsumen.

Disamping itu berpeluang membuka lapangan usaha untuk mereka yang mau meluangkan waktu belajar mencetak batik ecoprint. Khususnya di tengah kesulitan ekonomi dunia khususnya Indoneisa ini.

Apakah Anda Tertarik Mencoba Baju Batik Ecoprinting?

Merasakan sensasi baju batik yang berbahan dan bermotif batik alami yang unik dan berkreasi tinggi. Karena sifat alami dari pembuatan batik ecoprint tidak akan memunculkan kain batik yang sama antara cetakan satu dengan yang lainnnya walaupun kain dan jenis daun buat pencetakannya  sama persis. Sehingga anda akan dapat baju yang 100% ekslusif beda dari yang lainnya.

Kalau anda berminat bisa menghubungi kami. Kami sediakan stok kain-kain batik ecoprint hand made produksi pengrajin batik wardani’s fam di Yogyakarta. Boleh menghubungi WA 0838 6539 4989

Artikel Berkaitan :

Pesan Seragam di Konveksi Ini Saja (Kualitas Almantabe!)

Yuk Ikut Bisnis Gamis Tanpa Modal!

Chat disini yuk
1
Butuh Bantuan?
Halo Kakak...ada yang bisa dibantu? :)
Silahkan pencet logo Whatsapp untuk tanya-tanya ke admin