Gamis syari set aulia

5 Hal Utama Dalam Memilih Busana Muslim Wanita

Gamis syari set aulia
Gamis syari set jersey Aulia

Busana muslim wanita makin lama  semakin beragam model dan coraknya. Berbagai produsem dan perancang busana terus mengeluarkan rancangan terbaru mereka. Walaupun produk baju muslimah sudah sangat banyak tapi tetap saja ada pendatang baru yang muncul dan menawarkan desain terbaru mereka.

Memang dunia fashion terutama fashion wanita tidak pernah mati. Hampir setiap tahun selalu saja ada ratusan produsen baru yang lahir. Ribuan rancangan pun dikeluarkan. Dan hebatnya hampir semuanya kebagian pasar. Apalagi di Indonesia dengan 200 juta lebih penduduknya. Ini menjadikan Indonesia pasar empuk untuk para produsen dan perancang mode.

Terkhusus dunia fashion muslim juga sama. Berbagai rancangan dan model baju muslim juga selalu hadir menyapa khalayak di Indonesia. Majalah-majalah mode juga selalu ada. Bahkan ada majalah yang iklannya kadang sama banyak atau lebih banyak dari muatan isi majalah itu dan iklan-iklan itu semua tentang busana muslim. Luar biasa!

Bahkan tidak heran kalau kini mulai berdatangan baju-baju muslim impor yang dijual dengan harga super murah. Tentu saja ini menguntungkan konsumen. Tapi juga harus diperhatikan oleh setiap muslimah bahwa baju-baju muslim itu harus memenuhi kaidah baku sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

Kaidah-Kaidah Tentang Busana Muslim Wanita Yang Harus Anda Diperhatikan

1. Harus sesuai ketentuan agama

Apa saja ketentuan agama itu? Yang paling pokok adalah baju muslimah wanita haruslah tidak ketat sehingga menampakkan lekuk-lekuk tubuh dan tidak boleh transparan. Juga perlu dicatat baju tidak boleh terlalu berlebihan dalam aksesori.

2. Harus sesuai dengan tempat dan waktu

Tentu hal ini wajib diperhatikan jika muslimah tidak ingin tampil saltum alias salah kostum. Karena seiap tempat dan waktu ada bajunya tersendiri khan? Dan anda harus cermat memperhatikan setiap busana yang anda kenakan.

3. Harus menyesuaikan dengan kegiatan

Kalau anda adalah orang yang dituntut untuk selalu aktif dan bergerak dinamis maka pilihlah busana yang tidak kaku dan membatasi gerak. Ada yang menyarankan untuk memakai setelah yang terdiri dari atasan dan bawahan. Dan anda jangan lupa selalu mengenakan dalaman dibawah busana muslim anda. Anda bisa memakai sejenis legging dalam hal ini untuk berjaga jika secara tak sengaja aurat anda tersibak misalnya terkena sapuan angin atau karena anda aktif bergerak.

4. Harus menutup seluruh bagian tubuh yang wajib ditutup.

Yang harus anda perhatikan adalah anda harus selalu menutup bagian-bagian tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

Karena Allah Ta’ala telah berfirman:

Artinya : Wahai Nabi! Katakanlah kpd isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, & isteri-isteri orang mukmin, ‘Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Yang demikian itu agar mereka lbh mudah utk dikenali, sehingga mereka tdk diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” [Al-Ahzaab : 59]

Juga sabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam kpd Asma’ binti Abi Bakar.

Artinya : Wahai Asma’, sesungguhnya apabila seorang wanita telah haidh (sudah baligh), maka tdk boleh terlihat darinya kecuali ini & ini.” Kemudian beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam berisyarat ke wajah & kedua telapak tangan beliau.

5. Jenis dan desain jilbab

Tentu kalau anda sudah mempunyai busana muslimah wanita yang satu set dengan jilbabnya maka hal ini tidak masalah. Tapi kalau belum maka anda harus pandai-pandai memilih jenis jilbab yang ook dengan baju yang sedang anda kenakan supaya selalu matching dan nyambung. Karena kerapian dan keindahan tidak boleh ditinggalkan dalam mengenakan busana muslim.

 

Chat disini yuk
1
Butuh Bantuan?
Halo Kakak...ada yang bisa dibantu? :)
Silahkan pencet logo Whatsapp untuk tanya-tanya ke admin